1. Judul
Buku : Bahasa dan Sastra
Indonesia untuk SMA/MA kelas IX
2. Penulis : Eko Djuharmie
3. Editor
: S. Prapanca
4. Desainer
sampul : Suyatno
5. Setting
& Layout : Burhan Rudi
6. Ukuran
Buku : 17,6 x 25 cm
7. Penerbit :Penerbit Epsilon Grup
8. Tahun
Terbit : 2007
Buku tersebut di atas
akan diteliti untuk mengetahui keadaannya untuk
dipakai sebagai buku sumber pembelajaran Bahasa
Indonesia pada kelas XI yakni dilihat dari SK dan KD nya serta kelayakan isinya
sesuai dengan kurikulum dan kualitas buku teks.
Dalam melakukan
penelitian ini, peneliti menggunakan pedoman pada kualitas buku teks dan
kesesuain buku teks dengan kurikulum yang telah dipelajari pada mata kuliah
telaah kurikulum.
A. Pendekatan
Dalam buku teks Bahasa dan Sastra
Indonesia ini pengarang berpatokan pada tiga komponen proses belajar mengajar
dari segi bahan terlihat bahwa setiap pelajaran dalam buku ini mengedepankan
empat pokok bahasan, yaitu :
Ø Mendengarkan
Ø Berbicara
Ø Membaca
Ø Menulis
B. Tujuan
Secara umum para penyusun buku teks
Bahasa Indonesia bertujuan untuk membekali siswa mengenai keilmuan tentang
bahasa khususnya bagaimana berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Demikian
juga halnya dengan buku ini, penulis bertujuan untuk membekali siswa dengan
ilmu kesastraan dan juga memperoleh kemampuan berbahasa dengan baik dan benar,
baik secara lisan maupun tulisan.
C. Bahan
Dalam
buku teks yang berjudul Bahasa dan Sastra Indonesia ini, pengarang menyajikan
bahan dan materi yang cocok sesuai untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran.
Itu dapat dilihat dari cara penulis menyajikan bahan disetiap pelajaran, yakni
terdapat keempat aspek keterampilan dalam berbahasa Indonesia antara lain,
yaitu :
Ø Mendengarkan
Ø Membaca
Ø Menulis
Ø Berbicara
Untuk
lebih jelasnya mari kita lihat bagian isi setiap butir khusus semester satu
mulai dari pelajaran pertama.
1. Mendengarkan
a. Menemukan
pokok-pokok isi sambutan/khotbah yang didengar.
b. Merangkum
isi pembicaraan dalam wawancara
c. Membuat
sebuah laporan wawancara
d. Mengidentifikasi
peristiwa, pelaku, dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada pementasan
drama.
2. Membaca
a. Menemukan
perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif.
b. Membaca
berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik.
c. Menganalisis
jenis paragraf yang terdapat dalam wacana.
d. Menemukan
unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat.
3. Menulis
a. Menulis
proposal untuk berbagai keperluan
b. Menulis
surat dagang dan surat kuasa
c. Mengungkapkan
prinsip-prinsip penulisan resensi.
d. Mengaplikasikan
prinsip-prinsip penulisan resensi.
4. Berbicara
a. Menjelaskan
secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku)
b. Menjelaskan
hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu.
c. Mempresentasikan
hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.
d. Mengomentari
tanggapan orang lain terhadap persentasi hasil penelitian.
D. Metode
Menurut pengamatan peneliti, buku
ini layak dijadikan bahan sumber pembelajaran, karena dapat dilihat dari cara
pengarang atau penulis menyampaikan bahannya sesuai dengan kesesuaian buku teks
dengan kurikulum dan sesuai dengan kualitas buku teks, yaitu :
1. Sudut pandang
2. Kejelasan konsep
3. Relavan dengan kurikulum
4. Menarik minat
5. Menambahkan motivasi
6. Ilustrasi
7. Komunikatif
8. Penunjang mata pelajaran lain
9. Menghargai perbedaan individu
10. Memantapkan nila-nilai
E. Media
Fungsi media dalam pengajaran sangat
penting untuk memperjelas atau memudahkan siswa dalam memahami pelajaran. Itu
terlihat jelas dalam buku ini yakni terdapat beberapa media pembelajaran yang
bertujuan memudahkan siswa dalam memahami pelajaran, antara lain terdapat :
1. Table
2. Contoh-contoh
3. Rangkuman materi di akhir pembahasan
4. Pelatihan-pelatihan
F. Evaluasi
Evaluasi sangat penting sekali dalam
mengetahui keberhasilan sesuai proses pembelajaran. Dalam buku ini juga sangat
tepat sesuai penulis selalu membuat evaluasi di setiap akhir pembahasan materi
berupa tugas-tugas. Berupa pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang
disajikan.
G. Tata Bahasa
Dari segi pemakaian bahasa, buku teks
yang berjudul Bahasa dan Sastra Indonesia ini, dapat dijadikan sebagai sumber
contoh serta teladan bagi setiap masyarakat pembelajar dan pengguna bahasa,
karena berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa struktur dan
penggunaan bahasa dalam buku ini sesuai dengan kaidah bahasa indonesia. Baik
dilihat dari struktur kalimatnya, pilihan katanya, gaya bahasa serta penggunaan
tanda baca yang benar.
Dari hasil analisis di atas peneliti
menyimpulkan bahwa buku teks yang berjudul “Bahasa dan Sastra Indonesia” yang
diperuntukan kelas XI layak untuk dijadikan buku atau sumber pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar